Home » » 5 Keutamaan Berwudhu

5 Keutamaan Berwudhu

Written By Unknown on Tuesday 17 June 2014 | 06:19

5 Keutamaan Berwudhu-
Seperti yang kita ketahui wudhu.. wudhu adalah sebuah syarat yang Allah tetapkan untuk umat manusia atau umat islam sebagai pendahulu sebelum sholat.
yah tentunya kita sebagai kaum muslimin yang beriman tidak akan pernah luput kan akan wudhu.. jika kita hendak sholat wudhu wajib dilakukan. nah kali ini saya akan membahas tentang 5 Keutamaan berwudhu..
langsung saja yuk kita simak..

5 Keutamaan berwudhu :

1. Pertama : Sebagai Penghapus Dosa Kecil Dan Pengangkat Derajat:

Wudhu adalah amalan yang ringan.. akan tetapi pengaruhnya sangatlah ajaib dan sangat begitu luar biasa. selain bisa menghapus Dosa kecil kita.. dengan wudhu juga dpat mengangkat derajat kita di surga.
Rasulullah SAW bersabda:
" Maukah kalian aku tunjukkan tentang suatu (amalan) yang denganya Allah menghapuskan dosa dosa, dan mengangkat derajat derajat? dan mereka menjawab mau ya rasulallah beliau bersabda (amalan itu) adalah menyempurnakan wudhu diwaktu yang tidak menyenangkan, banyaknya langkah menuju masjid dan menunggu sholat setelah menunaikan sholat. itulah pos penjagaan " [HR.Muslim (586)]

2. Kedua : Sebagai Tanda pengikut Nabi Mohammad Shalallahualaihi wassalam :

Seorang muslimin akan dikenali oleh rasulluallah dengan cahaya dan tanganya karena air wudhu.. maka hendaklah kita tetap menjaga cahaya tersebut dengan menjaga wudhu.
Abdir Ra'uf Al-munawiy berkata : "barang siapa kaum muslimin yang paling banyak bersujud dan melakukan wudhu di dunia.. maka wajah orang tersebut akan bercahaya lebih berseri dari siapapun"

3. Ketiga : Separuh Iman :

Seorang tak akan meraih pahala sholat apabila ia tidak melakukan wudhu. jadi wudhu merupakan separuh iman dari melakukan sholat. hal ini menunjukkan kita ketinggian nilai dari wudhu.

4. Keempat : Sebagai Jalan Menuju Surga 

jalan menuju surga akan dimudahkan oleh Allah bagi orang yang diberikan taufiq dan hidayah. perhatikanlah bilal bin rabbah. beliau mendapatkan kabar gembra bahwa ia termasuk penduduk surga karena ia telah berusaha menapaki sebuah jalan jalan surga. dengarkan kisahnya :

"Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- pernah bersabda kepada Bilal ketika sholat Fajar, “Wahai Bilal, ceritakan kepadaku tentang amalan yang paling engkau harapkan yang pernah engkau amalkan dalam Islam, karena sungguh aku telah mendengarkan detak kedua sandalmu di depanku dalam surga”. Bila berkata, “Aku tidaklah mengamalkan amalan yang paling aku harapkan di sisiku. Cuma saya tidaklah bersuci di waktu malam atau siang, kecuali aku sholat bersama wudhu’ itu sebagaimana yang telah ditetapkan bagiku”. [HR. Al-Bukhoriy dalam Al-Jum'ah, Bab: Fadhl Ath-Thoharoh fil Lail wan Nahar (1149), dan Muslim (6274)]"

Hadits ini menunjukkan kepada kita bahwa berwudhu’ lalu sholat sunnah setelahnya merupakan amalan yang berpahala besar. Ibnul Jauziy -rahimahullah- berkata, “Di dalam hadits ini terdapat anjuran untuk melakukan sholat usai berwudhu’ agar wudhu tidak kosong (terlepas) dari maksudnya”.

5. Kelima : Pelepas Ikatan Setan  

  Setan senantiasa mengintai dan mengawasi kita. Bahkan ia selalu mencari jalan untuk menjauhkan kita dari kebaikan yang telah digariskan oleh Allah dan rasul-Nya. Diantara makar setan, ia membuat buhul pada seorang diantara kita saat kita tidur agar kita berat bangun beribadah.
oleh karena itu dengan berwudhu kita akan dilepaskan ikatan tersebut.

Nah di atas adalah 5 Keutamaan Berwudhu..
semoga kita sebagai umat muslim dapat memasuki surga yang telah diciptakan oleh Allah.. dan semoga kita menjadi umat yang shaleh shalehah.. sekian yang dapat saya sampaikan..
Share this article :

2 comments:

  1. waaah., bnyk juga yaa manfaat berwuduhu :) thanks gan infonya ;)

    ReplyDelete

Follow Twitter

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Blog_Mas Tedy - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger
notifikasi
close